RANGKAIAN COUNTER MENGGUNAKAN SENSOR LDR DAN LASER

Rangkaian counter disini merupakan rangkaian elektronika yang memanfaatkan LASER sebagai pemancar cahaya dan LDR sebagai penerima pancaran cahaya dari LASER serta  7-segment sebagai output display.


   Berikut rangkaiannya:


Daftar Komponen:
1. LASER                                       1 buah
2. LDR                                            1 buah
3. Resistor 10K, 100K                 @2 buah
4. Potensiometer 10K                      1 buah
5. LED                                            1 buah
6. IC NE555                                   1 buah
7. IC LM358                                  1 buah
8. IC 4026                                      2 buah
9. 7-Segment Common Cathoda     2 buah
10. Battery 9V                                1 buah     

Prinsip Kerja:
LASER dan LDR = sensor / input rangkaian
LDR dan R3 = Pembagi tegangan
Potensio = Pengatur sensitivitas rangkaian
IC LM358 = Penguat non-inverting
IC NE555 =  Pewaktu
IC 4026 = Driver 7-segment
7-Segment = Output display

Saat battery dipasang seketika IC 4026 mendriver 7-segment dengan menampilkan angka 00. Saat LASER menyinari LDR,  hambatan LDR menjadi kecil <10k dan R3 hambatannya lebih besar sehingga tidak ada arus ke input penguat non-inverting, karena arus kecil maka tegangan pada input juga kecil yang menyebabkan tegangan output pada penguat non-inverting juga kecil sehingga tidak ada tegangan yang mentrigger pin 2 IC NE555 . Output tegangan pada IC NE555 juga rendah sehingga tidak ada arus yang masuk pada IC 4026 yang menyebabkan display pada 7-segment tetap menampilkan angka 00.
Saat LASER terhalangi objek, maka tidak ada cahaya yang mengenai LDR. Hambatan LDR menjadi besar >10k dan R3 hambatannya lebih kecil sehingga  arus yang mengalir ke input penguat non-inverting menjadi besar, karena arus yang mengalir besar maka tegangan pada input juga besar yang menyebabkan tegangan output pada penguat non-inverting besar sehingga ada tegangan yang mentrigger pin 2 IC NE555 dan output tegangan pada IC NE555 mentrigger pin 1 IC 4026 yang menyebabkan Display pada 7-segment menampilkan angka 01. Kejadian tersebut terjadi berulang kali sehingga menyebabkan perubahan angka pada display  7-segment dari angka 01-99. untuk menambahkan display sampai 3 digit angka maka harus ditambah komponen IC 4026 dan 7-segmentnya.

Berikut video simulasi rangkaiannya


                     

8 komentar

kak boleh minta simulasinya ,soalnya saya buat simulasi sendiri gak berhasil. terimakasih

Kak boleh minta simulasinya

mas saya tertarik dengan rangkaian ini jika saya menambah display menjadi 6 dikit bagaimana skemanya apakah seperti yg 2 digit lalu disambung dengan rangkaian 4 digit yang baru,,,mohon diberikan skemanya mas saya perlu sekali untug GKM nas...terima kasih sebelumnya mas

mas mau tanya kalau misalkan dia bouncing ada solusi ga ya kira kira, sama laser yang dipakai laser kaya gimana ya mas? makasih

kak, mau tanya kalo buat ginian make IC 74LS93 tuh gimana rangkaiannya, semuanya