RANGKAIAN LAMPU OTOMATIS MENGGUNAKAN SCR 2P4M

Rangkaian ini merupakan rangkaian yang menerapkan sensor cahaya yaitu LDR .
Silicon Controlled Rectifier ( SCR ) adalah salah satu komponen yang mirip dengan transistor karena memiliki tiga buah kaki. Tapi kaki pada SCR tidak sama dengan kaki yang terdapat pada transistor. Kaki yang terdapat pada SCR terdiri dari ; A = Anoda, G = Gate, K = Katoda. 
SCR ini memiliki berbagai macam daya dan kekuatan, misalnya saja SCR yang memiliki daya dan kekuatan sebesar 100 V / 2A. Ini berartii SCR tersebut hanya bisa dipakai tidak lebih dari 2 Ampere atau sama dengan tak lebih dari 200 Watt. Fungsi SCR adalah sebagai pengatur daya dan juga sebagai saklar arus yang otomatis.

Berikut rangkaiannya:
Daftar Komponen:
1. SCR 2P4M / FIR3D                     1 buah
2. Dioda 1N4002                              4 buah
3. Resistor 4K7, 33K, 820K            @1 buah
4. LDR                                              1 buah
5. Lampu                                           1 buah

Prinsip Kerja :
BR1 = Penyearah listrik AC ke DC
LDR = Sensor Cahaya
SCR = Saklar dan penguat daya (500V / 2A)

Pada saat LDR tidak mendapatkan cahaya maka hambatan LDR menjadi besar sehingga arus listrik yang sudah disearahkan oleh BR1 mengalir ke SCR dan dikuatkan dayanya yang menyebabkan lampu menyala. saat LDR mendapatkan cahaya atau dalam keadaan terang maka hambatannya kecil , lebih kecil dari R1, R2, R3 yang dirangkai sedemikian rupa sehingga arus tidak sampai ke LDR karena terhambat oleh R1,R2,R3 yan menyebabkan arus tidak sampai ke lampu (padam)

Berikut Video Simulasi Rangkaiannya:



Berikut spesifikasi dari 2p4m:


Untuk melihat datasheets SCR 2P4M klik http://www.ges.cz/sheets/2/2p4_6m.pdf





13 komentar

maaf gan... ko rangkaian ini kalo dipasang lampu led ko tidak nyala... kalo pake lampu neon biasa, nyala normal.mohon pencerahannya...

Kedip kedip ya kalau pake lampu yang panjang

Klo boleh saya jawab pertanyaannya kang eep, dari rangkaian kerjanya, arus yg melewati lampu di skema itu berupa DC Krn sudah di DC kan bridge itu. Klo mas eep pkek lampu led itu membutuhkan arus ac, jadi tidak bisa nyala lampunya. Sdgkan klo menggunakan lampu jenis TL juga tidak bisa Krn lampu TL membutuhkan tegangan tinggi sbg pemicu nyalanya. Cmiiw. Sebagai gantinya cba gunakan relay sbg pengganti lampu di skemanya, dan kontaknya utk menyalakan/mematikan lampu itu.

Datasheet Scr fir 3d ada gan? Kalau bisa Mohon di share juga

Maaf gan....R2 nya apa bisa diganti VR ya?

Terima kasih Gan Syarif atas sharing Rangkaian Lampu otomatis menggunakan 2P4M-nya. Sudah saya rakit dan saya coba dengan hasil sbb:
1. Jika beban lampu pijar, kecerahan/keterangan lampu pijar tsb berkurang atau redup kira² setengahnya dibandingkan kecerahan/keterangan lampu pijar tsb jika lampu pijar tsb dihubungkan langsung ke PLN atau tidak menggunakan rangkaian ini.
2. Jika beban lampu LED, amat sangat redup.
3. Fungsi rangkaian sebagai saklar cahaya (kondisi terang dan gelap) berfungsi baik pada beban lampu pijar dan lampu led.
3. Jika beban berupa Relay Omron MK2P-I, maka relay tsb lalu on (aktif), tidak bisa off baik pada situasi simulasi gelap maupun terang. Atau dengan kata lain, fungsi rangkaian sebagai saklar cahaya (on pada saat gelap dan off pada terang) tidak berfungsi.
Pertanyaan saya, bisakah beban diganti relay? Relay jenis apa (merk/type) yang cocok.
Terima kasih Gan Syarif. Sukses selalu.
Hormat saya,
Abdul Khaliq.

Jumlah tegangan ac nya berapa V?

terimakasih ya sangat bermanfaat..

Bg nnyak rangkaian apa yg mengunakan scr

Punya saya pas gelap nyala tapi saat terang lampu tidak mau mati, kira" kenapa ya

Layout dan tata letaknya seperti apa kang ?