RANGKAIAN KONTROL KECEPATAN KIPAS ANGIN DC

PWM = Pulse - Width Modulation adalah salah satu jenis modulasi.
Modulasi  PWM dilakukan dengan cara mengubah perbandingan lebar-pulsa-positif terhadap lebar-pulsa-negatif ataupun sebaliknya dalam frekuensi sinyal yang tetap. Yang artinya, total 1 perioda (T) pulsa dalam PWM adalah tetap.
Dalam pengaturan kecepatan kipas DC salah satunya yang populer adalah dengan teknik PWM. Dengan metode ini kipas DC diberikan sumber tegangan yang stabil dengan frekuensi kerja yang sama tetapi ton duty cycle pulsa kontrol kecepatan kipas DC yang bervariasi. Konsep PWM pada driver kipas DC adalah mengatur lebar sisi positif dan negative pulsa kontrol pada frekuensi kerja yang tetap. Semakin lebar sisi pulsa positif maka semakin tinggi kecepatan putar kipas DC dan semakin lebar sisi pulsa negatif maka semakin rendah kecepatan putar kipas DC.


Metode PWM pada driver kipas DC secara singkat dapat dijelaskan menggunakan rangkaian driver kipas DC satu arah dengan kontrol PWM menggunakan IC NE555 seperti pada rangkaian dibawah.


Daftar Komponen :
1. IC NE555                        1 buah
2. Dioda 1n4148                  2 buah
3. IRFZ44                            1 buah
4. Potensio 50K                   1 buah
5. Resistor 1K                      1 buah
6. Mylar 100nF                    1 buah
7. Fan DC 12V                    1 buah
8. Power supply 12V            1 buah

Prinsip kerja:
Rangkaian sederhana diatas dapat memberikan gambaran tentang teknik PWM pada driver motor DC. IC555 diset sebagai astabil multivibrator dengan frekuensi kerja tetap (nilai RC tetap) dengan output diberikan ke rangkaian driver motor DC sederhana dengan mosfet. Konsep dasar kontrol PWM menggunakan rangkaian diatas terletak pada penambahan dua buah diode yang mengendalikan proses charge dan discharge kapasitor 100nF. Posisi tuas potensiometer 50K yang terhubung dengan dua buah diode tersebut akan menentukan waktu charge atau discharge kapasitor 100nF. Berikut bentuk gelombang charge dan discharge terhadap output astabil multivibrator NE555 sebagai kontrol PWM driver FAN DC pada rangkaian diatas.

Berikut video simulasi rangkaiannya: