RANGKAIAN SENSOR MAGNET MENGGUNAKAN REED SWITCH

Sensor Magnet adalah Alat yang akan terpengaruh Medan Magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran, seperti layaknya saklar dua kondisi (on/off) yang digerakkan oleh adanya medan magnet disekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan bebas dari debu, kelembapan, asap maupun uap.

Cara Kerja Magnet
Sensor ini akan bekerja ketika jenis konduktor berada/mempengaruhi keberadaan medan magnet sehingga magent dapat tertarik atau tertolak sesuai pengaruh yang diberikan.

Salah contoh komponen sensor magnet adalah reed switch.
Reed Switch adalah sensor yang berfungsi juga sebagai saklar yang aktif atau terhubung apabila di area jangkauan nya terdapat medan magnet. Medan magnet yang cukup kuat jika melalui area sekita reed switch, maka dua buah plat yang salaing berdekatan tadi akan terhubung sehingga akan memberikan rangkaian tertutup bagi rangkaian yang dipasangkan nya.

Reed switch menawarkan keuntungan dari ukuran yang ringkas, berat badan rendah, waktu respon yang cepat, umur panjang dan biaya rendah. Aplikasi umum dari switch buluh berada di reed relay, sensor otomotif, sistem keamanan, robotika, mainan dan permainan.


Berikut rangkaian sensor magnet menggunakan reed switch:




Daftar Komponen:
1. IC NE555                             1 buah
2. Reed switch                           1 buah
3. LED                                      1 buah
4. Buzzer                                   1 buah
5. Resistor 100                          1 buah
6. Elco 2,2uF                             1 buah
7. Resistor 100k                        1 buah
8. Magnet batang                       1 buah
9. Baterai 9V                             1 buah

Prinsip Kerja:
Prinsip dasar kerja sensor ini sangatlah sederhana, yaitu apabila bagian permukaan dari sensor terkena medan magnet maka dua buah kontak plate tipis yang terdapat dibagian dalam sensor akan tertarik oleh medan magnet, sehingga kontak akan terhubung. IC NE555 yang dirangkaia astable multivibrator memberikan output high dan low secara terus menerus setelah IC NE555 mendapatkan tegangan dari baterai setelah kondisi reed switch tertutup.

Berikut video simulasi rangkaiannya:

  

2 komentar

Bagaimana cara menghitung tegangan pada Rangkaian tersebut?