RANGKAIAN TESTER REMOTE TELEVISI MENGGUNAKAN TSOP SENSOR

Rangkaian remote tester adalah rangkaian sensor yang memanfaatkan pantulan cahaya radiasi elektromagnetik dari Infrared remote televisi yang kemudian diterima oleh TSOP sensor untuk diproses lebih lanjut.

Rangkaian remote tester ini menggunakan sensor TSOP sebagai perubah radiasi gelombang elektromagnetik dari Infrared remote menjadi energi lirtrik untuk iproses lebih lanjut.

Berikut rangkaian remote tester menggunakan TSOP sensor:
Daftar Komponen :
1. TSOP 1738              1 buah
2. Transistor BC557      1 buah
3. Resistor 1k                1 buah
4. Elco 10uF                 1 buah
5. Resistor 220              1 buah
6. LED                          1 buah
7. Buzzer                       1 buah
8. Baterai 9V                 1 buah

Penjelasan rangkaian:
Saat sensor TSOP menerima pantulan cahaya dari IR LED , maka cahaya tersebut dirubah menjadi sinyal listrik yang selajutnya mentriger kaki basis Transistor BC557 sehingga ada arus mengalir dari kaki emitor ke kaki kolektor  yang menyebabkan LED dan Buzer aktif sesaat sampai tombol pada remote dilepas. fungsi komponen elco 10uF untuk mengatur lamanya LED dan buzer aktif.

Berikut video simulasi rangkaiannya:




Berikut spesifikasi sensor TSOP:


Konfigurasi pin infra red (IR) receiver atau penerima infra merah tipe TSOP adalah 
Output (Out), Vs (VCC +5 volt DC), dan Ground (GND).  Sensor penerima inframerah TSOP ( TEMIC Semiconductors Optoelectronics Photomodules ) memiliki fitur-fitur utama yaitu fotodiode dan penguat dalam satu chip, keluaran aktif rendah, konsumsi daya rendah, dan mendukung logika TTL dan CMOS. Detektor infra merah atau sensor inframerah jenis TSOP (TEMIC Semiconductors Optoelectronics Photomodules) adalah penerima inframerah yang telah dilengkapi filter frekuensi 30-56 kHz, sehingga penerima langsung mengubah frekuensi tersebut menjadi logika 0 dan 1. Jika detektor inframerah (TSOP) menerima frekuensi carrier tersebut, maka pin keluarannya akan berlogika 0. Sebaliknya, jika tidak menerima frekuensi carrier tersebut, maka keluaran detektor inframerah (TSOP) akan berlogika 1.